POTENSIOMETER

PENGERTIAN

Potensiometer (POT) adalah salah satu jenis resistor yang nilai resistansinya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan Rangkaian Elektronika ataupun kebutuhan pemakainya. Potensiometer merupakan Keluarga Resistor yang tergolong dalam Kategori Variable Resistor.
Secara struktur, Potensiometer terdiri dari 3 kaki Terminal dengan sebuah shaft atau tuas yang berfungsi sebagai pengaturnya.

Berikut merupakan gambar dari masing- masing struktur potensiometer


JENIS-JENIS POTENSIOMETER

Berdasarkan bentuknya potensiometer dibagi menjadi 3, yaitu :
1. Potensiometer Slider
yaitu Potensiometer yang nilai resistansinya dapat diatur dengan cara menggeserkan Wiper-nya dari kiri ke kanan atau dari bawah ke atas sesuai dengan pemasangannya. Biasanya menggunakan Ibu Jari untuk menggeser wiper-nya.



2. Potensiometer Rotary
yaitu Potensiometer yang nilai resistansinya dapat diatur dengan cara memutarkan Wiper-nya sepanjang lintasan yang melingkar. Biasanya menggunakan Ibu Jari untuk memutar wiper tersebut. Oleh karena itu, Potensiometer Rotary sering disebut juga dengan Thumbwheel Potentiometer.
Adapun struktur pada potensiometer rotary dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

3Potensiometer Trimmer

yaitu Potensiometer yang bentuknya kecil dan harus menggunakan alat khusus seperti Obeng (screwdriver) untuk memutarnya. Potensiometer Trimmer ini biasanya dipasangkan di PCB dan jarang dilakukan pengaturannya.


Berdasarkan track (jalur) elemen resistif-nya, Potensiometer dapat digolongkan menjadi 2 jenis yaitu : 
1. Potensiometer Linier

Potensiometer linier mempunyai unsur resistif dengan penampang konstan, menghasilkan peranti dengan resistansi antara penyapu dengan salah satu terminal proporsional dengan jarak antara keduanya. Potensiometer linier digunakan jika relasi proporsional diinginkan antara putaran sumbu dengan rasio pembagian dari potensiometer, misalnya pengendali yang digunakan untuk menyetel titik pusat layar osiloskop.

2. Potensiometer Logaritmik
Potensiometer logaritmik mempunyai unsur resistif yang semakin menyempit atau dibuat dari bahan yang memiliki resistivitas bervariasi. Ini memberikan peranti yang resistansinya merupakan fungsi logaritmik terhadap sudut poros potensiometer.
Potensiometer logaritmik sering digunakan pada peranti audio, terutama sebagai pengendali volume.


PRINSIP KERJA POTENSIOMETER

Prinsip kerja potensiometer sebenarnya sangat sederhana yaitu sebuah Potensiometer (POT) terdiri dari sebuah elemen resistif yang membentuk jalur (track) dengan terminal di kedua ujungnya. Sedangkan terminal lainnya (biasanya berada di tengah) adalah Penyapu (Wiper) yang dipergunakan untuk menentukan pergerakan pada jalur elemen resistif (Resistive). Pergerakan Penyapu (Wiper) pada Jalur Elemen Resistif inilah yang mengatur naik-turunnya Nilai Resistansi sebuah Potensiometer.

FUNGSI POTENSIOMETER

Sebagai pengatur Volume pada berbagai peralatan Audio/Video seperti Amplifier, Tape Mobil, DVD Player.
Sebagai Pengatur Tegangan pada Rangkaian Power Supply
Sebagai Pembagi Tegangan
Aplikasi Switch TRIAC
Digunakan sebagai Joystick pada Tranduser
Sebagai Pengendali Level Sinyal

SUMBER :
https://id.wikipedia.org/wiki/Potensiometer
http://teknikelektronika.com/pengertian-fungsi-potensiometer/
http://putra1998.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-potensiometer-dan-jenis.html
https://id.aliexpress.com/store/product/1Pcs-WH148-Type-B500K-Ohm-Linear-Taper-Rotary-Potentiometer-Panel-Pot-3-Pin-VEB05-P/735058_32498200340.html
http://gokakoelektro.blogspot.co.id/2016/01/resistor-tidak-tetap-variable-resistor.html
http://elektroku.com/fungsi-potensiometer-dan-cara-kerjanya/

Komentar